You and Me Together Forever

Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi

Posted on: August 15, 2009

Sederhana Tapi Mendunia

060409-M57-foto ficer-Sederhana Tapi Mendunia 2_resizeSetiap sanggar memiliki keunikan atau kekhasan masing-masing. Begitu juga dengan sanggar yang satu ini. Meskipun kecil dan sederhana tetapi dari sinilah terlahir seniman-seniman bertaraf internasional.

Ya, inilah Sanggar Olah Seni (SOS) Babakan Siliwangi, Bandung. Sanggar yang terletak di Jalan Siliwangi no 8, Bandung tersebut terdiri dari art gallery dan tempat workshop. Sanggar tersebut terbilang sudah cukup lama yaitu berdiri sejak 11 Desember 1982.

Sanggar seni yang kini telah beranggotakan sekitar 830 seniman dari berbagai bidang seni yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia tersebut didirikan oleh beberapa seniman di antaranya A. Sadali, Popo Iskandar, Thony Joesoef, Barli, A.D. Pyrous, dan Anang Sumarna.

Menurut Syarief Hidayat, Ketua SOS, selain merupakan galeri seni, di tempat itu juga sering diadakan berbagai workshop kesenian baik itu seni rupa, seni musik, seni tari, ataupun teater. Workshop tersebut biasanya diikuti oleh masyarakat umum, pelajar, atau para seniman.

“Pada dasarnya sanggar ini berdiri sebagai wadah komunitas seni di Jawa Barat dan tidak mengedepankan aspek komersial,”ujar Syarief.

Selain itu, Syarief menambahkan, sanggar tersebut menitikberatkan sebagai ruang publik terbuka dan sarana untuk olah kreativitas para seniman Jabar.

SOS Babakan Siliwangi itu pun beranggotakan seniman-seniman kelas dunia seperti Deden Sambas, Hasan Pratama, Rosyid, Irman A. Rahman, Arya Panjalu, Deden Imanudin, dan Tisna Sanjaya. Rata-rata seniman yang telah berkiprah sampai tingkat internasional adalah pelukis. Pengunjung yang datang di tempat itu pun tidak hanya berasal dari Kota Bandung tetapi juga berasal dari kota-kota lain seperti Jogja, Jakarta, Bali bahkan wisatawan dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura pun datang ke tempat tersebut.

Galeri seni yang ada di SOS tersebut menyimpan berbagai benda-benda seni seperti lukisan, patung, instalasi, dan craft. Jumlah keseluruhannya tak terhitung. Sedangkan lukisan yang berada di galeri tersebut berjumlah sekitar 300 lukisan. Barang-barang seni tersebut pada dasarnya adalah untuk dipamerkan. Namun, Syarief mengatakan, jika ada yang memang berniat membeli pun akan diberikan.

“Ada juga beberapa benda seni yang dijual namun tidak semua benda seni yang ada di sini bisa dibeli karena sebagian ada yang merupakan koleksi,”ujar Syarief.

Selain terdapat galeri seni dan menyelenggarakan workshop kesenian, SOS Babakan Siliwangi tersebut juga sering mengadakan kegiatan seperti pertunjukan musik, pementasan teater, pertunjukan tari, pameran, bedah buku, dan diskusi. Syarief mengungkapkan, SOS Babakan Siliwangi sangat terbuka bagi masyarakat yang memang ingin belajar seni. Dalam waktu dekat ini, sanggar tersebut akan mengadakan Workshop 33 seniman Jabar dan SOS Weekend Art Market.

“Sanggar ini merupakan ruang apresiasi dan olah kreatif untuk seluruh masyarakat terlebih yang menyukai seni,”ujar Syarief.

Selain acara-acara tersebut, SOS juga mengadakan pameran reguler setiap tahunnya dalam rangka ulang tahun sanggar itu.

Sementara itu, benda-benda seni yang ada dalam galeri SOS Babakan Siliwangi itu memiliki beberapa aliran dari realis, impresionis, dekoratif, abstrak hingga kontemporer.060409-M57-Foto ficer-Sederhana Tapi Mendunia_resize

Syarief juga mengatakan, seniman-seniman yang berada di galeri tersebut juga sering bekerjasama dengan beberapa galeri lain atau rumah seni di beberapa kota seperti Jogja, Jakarta, Bandung, hingga Bali untuk mengadakan pameran bersama.

Walaupun tampak sederhana dan sangat mandiri dalam masalah pendanaan, SOS memiliki keunggulan tersendiri. Di sanggar dan galeri independen inilah sering diadakan kegiatan-kegiatan bertaraf internasional. Syarief mengatakan, kegiatan bertaraf internasional yang terakhir diadakan adalah pameran seni “From The World With Love” yang diikuti oleh 117 seniman yang berasal dari 31 negara. (DEWI RATNASARI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: