You and Me Together Forever

Reading Lights

Posted on: August 15, 2009

Permudah Orang Dapatkan Informasi

050409-M57-foto ficer-Reading Lights1-ori_resizeDi Indonesia, sangat jarang tempat yang menyediakan buku-buku asing dan berbahasa Inggris dengan harga yang murah. Namun, di tempat ini, orang bisa mendapatkan buku asing dengan harga yang terjangkau.

Ya, inilah Reading Lights. Toko buku ini bukanlah sembarang toko buku. Reading Lights adalah toko buku dengan konsep yang unik. Selain menjual buku-buku asing, semua buku yang dijual adalah buku-buku bekas. Selain itu, toko buku ini juga menerima jika ada orang yang ingin menjual buku asing yang dipunyainya pada Reading Lights.

Menurut Anthony, Store Manager Reading Lights, tempat tersebut pada dasarnya adalah memadukan antara toko buku dan perpustakaan. Ia juga mengatakan bahwa dari nama tempatnya yaitu Reading Lights, diharapkan orang yang mampir ke tempat itu bisa mendapatkan pencerahan saat keluar.

“Diharapkan orang bisa mendapatkan pencerahan dengan cara membaca atau bertemu orang lain di tempat ini,”ujat Anthony atau yang kerap disapa Thony itu.

Thony juga mengatakan bahwa pihaknya menerima pembelian buku dari seseorang dengan syarat buku tersebut adalah buku asing dan berbahasa Inggris serta kondisinya masih bagus.

Selain toko buku, Reading Lights juga menyediakan tempat khusus untuk membaca. Thony menambahkan, orang dapat membaca buku di tempat tersebut sepuasnya dan gratis. Untuk menunjangnya, di tempat tersebut disediakan empat ruangan baca untuk para pengunjung.

“Kami ingin orang yang datang bisa saling bertukar informasi baik itu antar sesama pengunjung ataupun dengan karyawan Reading Lights,”ujar Thony.

Toko buku yang berdiri pada 11 Februari 2006 tersebut sampai saat ini menyimpan sekitar 5.000 koleksi buku asing yang semuanya tentunya second hand book atau buku bekas. Buku-buku yang tersedia antara lain buku-buku fiksi, nonfiksi, referensi dan text book. Selain itu, Reading Lights juga menyediakan buku-buku langka seperti dicontohkan Thony, terdapat satu buku yang merupakan kumpulan majalah terbitan tahun 1800-an.

Sementara itu, ada pula program Exchange Book yaitu pelanggan yang sudah membeli buku di Reading Lights bisa menjual kembali bukunya di Reading Lights tentunya dengan kondisi yang masih bagus.

Thony juga mengatakan Reading Lights pada dasarnya ingin menciptakan suasana rumah di tempat tersebut sehingga orang akan merasa nyaman untuk berlama-lama di tempat itu. Dengan konsep pelayanan “customer is our best friend” diharapkan semua orang yang masuk ke tempat tersebut bisa berteman. Tidak hanya itu, dari konsep pelayanan tersebut pun diharapkan staf dan pengunjung bisa menjadi teman baik sehingga bisa saling bertukar informasi.

Toko buku yang dikunjungi banyak mahasiswa dan ekspatriat tersebut juga menyediakan member bagi pengunjung. Thony mengatakan, member tersebut bukanlah keanggotaan yang terbatas pada waktu dan biaya. Untuk mendapatkan member, orang bisa melakukan pembelian buku minimal Rp 50.000 untuk mahasiswa dan Rp 100.000 untuk umum.

Selain perpustakaan sekaligus toko buku, Reading Lights juga menyediakan coffee corner. Banyak kegiatan yang diselenggarakan di tempat tersebut seperti kelas merajut (knitting), writer circle, paper craft, membatik, sketching, serta menonton film. Selain itu, di tempat itu juga sering diadakan diskusi mengenai berbagai hal.050409-M57-foto ficer-Reading Lights2-ori_resize

“Siapapun yang ingin berdiskusi bisa dilakukan di tempat ini. Materi diskusi bebas yang penting mereka bisa saling tukar pikiran dan tukar informasi untuk mendapatkan pencerahan,”ujar Thony.

Thony menambahkan bahwa kelas-kelas yang ada di Reading Lights bisa diikuti oleh siapapun dan sifatnya fleksibel serta tidak mengikat. Orang bisa belajar kapanpun tanpa harus terpaku pada kontinuitas belajar. (DEWI RATNASARI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: