You and Me Together Forever

Pameran Foto HUT Sekar Telkom

Posted on: August 15, 2009

Gunakan Polling SMS untuk Tentukan Juara

Kreativitas bisa disalurkan melalui kegiatan apa saja. Salah satunya adalah melalui pameran. Hal inilah yang diwujudkan Serikat Karyawan (Sekar) melalui Pameran Foto dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke sembilan Sekar Telkom.

050309-M57-Foto Ficer pameran foto sekar telkom_resizeDalam pameran yang diadakan mulai Senin (2/3) hingga Jumat (6/3) tersebut, Sekar Telkom berusaha mewadahi kreativitas anggota Sekar khususnya mereka yang tergabung dalam Komunitas Foto 135. Komunitas Foto 135 adalah komunitas foto yang anggotanya terdiri dari karyawan dan mitra Telkom.

Menurut Joni Effendi, Ketua Panitia Penyelenggara Pameran, pameran foto ini tidak mengangkat tema tertentu.

“Awalnya kami ingin pameran fotonya bertema namun karena kendala waktu dan berhubung bersamaan dengan HUT Sekar maka akhirnya panitia tidak mematok tema tertentu,”ujar Jonni.

Pameran yang memajang 50 foto dan satu buah photo story itu diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, di antaranya berasal dari Medan, Bandung, Jakarta,  Surabaya, dan Balikpapan.

“Semua anggota Sekar di seluruh Indonesia boleh mengikuti pameran foto ini,”ujar Joni.

Sementara itu, menurut Adji Sumarjanto, Koordinator Komunitas Foto 135, 50 buah foto yang dipamerkan sebelumnya sudah melalui proses seleksi.

“Semua foto yang masuk skitar 250 buah namun kami seleksi terlebih dahulu untuk mengetahui mana yang bisa masuk dalam pameran dan mana yang tidak. Proses seleksi ini semata-mata untuk memacu para anggota membuat foto yang lebih bagus dan unik,”ujar Adji yang juga mengikutsertakan beberapa buah hasil jepretannya dalam pameran tersebut.

Foto-foto yang dipamerkan pun berbagai macam, ada foto tentang human interest seperti halnya hasil jepretan Arif Rudiana dalam foto yang berjudul Too Much Thinking atau ada pula foto yang sengaja dimanipulasi seperti foto seekor ulat di atas sikat gigi karya Agung Prabowo Yuniardi dalam bingkai yang berjudul Gelident. Objek fotonya pun bebas. Bahkan ada beberapa foto yang diambil di luar negeri seperti Thailand, Hongkong, dan Singapura.

Adjie menambahkan, foto yang dipamerkan juga melalui proses editing namun sebatas cropping dan burning. Penambahan efek-efek editan lain tidak diperkenankan.

“Namun jika situasinya yang dimanipulasi itu diperbolehkan. Seperti halnya dalam foto yang berjudul Gelident,”ujar Adji.

Gunakan Polling SMS

Salah satu hal yang unik dari pameran foto tersebut adalah digunakannya fasilitas short message service (sms) untuk menentukan juara favorit dalam pameran foto yang juga juga dilombakan tersebut. Layaknya kuis sms, pengunjung bisa langsung memilih foto terbarunya dengan mengetik REG(spasi) NOMOR URUT FOTO.

“Polling itu untuk merangsang fotografer untuk memacu agar membuat karya yang semakin baik,”ujar Joni.

Joni juga menambahkan, hingga hari Rabu (4/3), posisi tertinggi diraih oleh peserta dengan nomor urut foto 1 yang meraih persentase sms sebanyak 29,69 persen. Foto dengan nomor urut 1 tersebut adalah foto karya fotografer Ari Ananta dengan judul Human Nature.

Tidak hanya itu, seperti halnya kuis sms di televisi, pengirim sms juga akan diundi untuk memenangkan souvenir dari Telkom.

Sementara itu, antusiasme pengunjung terhadap pameran foto ini juga cukup bagus.

“Antusiasme pengunjung sudah cukup banyak walaupun kebanyakan juga dari pegawai Telkom. Namun, mereka yang awam cukup takjub dengan beberapa foto yang unik baik itu dari segi pengambilan gambar atau ide fotonya,”ujar Joni.(DEWI RATNASARI)

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: