You and Me Together Forever

Museum Sri Baduga

Posted on: August 15, 2009

Tampilkan Sejarah Jawa Barat dari Masa Ke Masa

Bila kita masuk ke tempat ini, suasana yang khas akan terasa. Kita akan dibawa pada pada kehidupan dari masa ke masa. Selain itu, kita seperti dibawa ke sebuah lorong waktu dimana kita bisa melihat dan membayangkan beberapa fase kehidupan di masa lalu.

160309-M57-Foto ficer-museum sri baduga 1_resizeYa, itulah Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga atau yang lebih dikenal dengan Museum Sri Baduga yang terletak di Jalan BKR 185, Bandung. Berbeda dengan museum yang lain, di museum tersebut orang bisa menikmati benda-benda bersejarah sambil merasakan suasana sejarah dari masa ke masa.

Museum yang awalnya bernama Museum Negeri Jawa Barat itu mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan tanggal 5 Juni 1980 oleh DR. Daoed Yoesoef, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu.

“Nama Sri Baduga itu diambil dari nama salah seorang raja di Kerajaan Pajajaran,”ujar Iip Syarif Hidayat, petugas bagian pemasaran Museum Sri Baduga.

Benda-benda yang ada di dalam museum tersebut hampir seluruhnya berasal atau mencakup tentang kehidupan dan budaya Jawa Barat dari zaman prasejarah hingga masa kolonial. Selain itu, dipajang pula beberapa peninggalan dari masa prasejarah seperti beberapa jenis batuan dan menhir.

IIp menambahkan, hingga kini Museum Sri Baduga telah memiliki benda koleksi sebanyak 6595 buah. Dalam museum tersebut juga dijelaskan perkembangan sejarah, khususnya sejarah Jawa Barat baik itu dari segi agama, tulisan, peralatan hidup, budaya, atau kesenian.

“Semua yang ada di sini disusun dengan mengambil pola tujuh unsur kebudayaan. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung lebih mudah memahami setiap benda koleksi,”ujar Iip.160309-M57-Foto ficer-museum sri baduga 3_resize

Museum yang terdiri dari tiga lantai itu tidak hanya memajang benda-benda bersejarah tetapi juga memaparkan sejarah alam wilayah Jawa Barat. Hal ini bisa dilihat di lantai satu museum ini yang diisi benda-benda potensi alam wilayah Jawa Barat seperti flora, fauna, serta informasi tentang sejarah alam di Jawa Barat. Informasi ini diwakili oleh oleh Danau Bandung Purba yang berupa maket.

Sementara itu, di lantai dua pengunjung bisa menikmati berbagai pekembangan sejarah seperti perkembangan agama, budaya, arsitektur rumah, gaya berbusana, hingga tulisan. Selain itu, ditampilkan pula diorama aktivitas ritual upacara tradisional Mapag Sri dan benda-benda kelengkapannya.

Di lantai yang terakhir yaitu lantai tiga, disajikan diorama ruang tamu, ruang tidur, dan ruang dapur dari keluarga menak masa lalu di wilayah Jawa Barat. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai benda-benda peralatan kesenian seperti kecapi rebab, alat musik tiup dari bambu, peralatan kesenian debus, seperangkat gamelan serta wayang. Selain itu, pada lantai tersebut disajikan pula diorama teknologi tradisional seperti pande mas, pembuatan gamelan perunggu, teknologi pembuatan gerabah, kerajinan menganyam hingga teknologi membatik.

Tidak hanya memiliki koleksi yang lengkap, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai replika dan relia yang ada di museum tersebut. Salah satu replika yang menonjol adalah replika Manusia Pawon yang merupakan temuan terbaru di Jawa Barat. Manusia Pawon ini digambarkan hidup dalam sebuah gua. Manusia pawon tersebut ditemukan di Gua Pawon, Gunung Masigit, Padalarang, Bandung.160309-M57-Foto ficer-museum sri baduga 2_resize

Iip menuturkan, benda-benda koleksi yang dimiliki Museum Sri Baduga tidak seluruhnya dipajang di dalam museum tersebut.

“Hanya sekitar sepuluh persen dari koleksi yang dipajang di museum. Hal ini dikarenakan setiap koleksi yang dipajang harus memiliki syarat-syarat tertentu di antaranya setiap koleksi harus mewakili satu cerita,”ujar Iip.

Penataan tersebut, tambah Iip, selain merupakan salah satu upaya untuk menarik pengunjung juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan fungsi museum.

“Museum ini selain sebagai sarana rekreasi juga bisa dijadikan sarana pendidikan,”ujar Iip. (DEWI RATNASARI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: