You and Me Together Forever

Bekam

Posted on: August 15, 2009

Miliki Banyak Manfaat Meski Terlihat Mengerikan

Berbagai pengobatan alternatif kini muncul sebagai salah satu jalan yang bisa ditempuh masyarakat terhadap tidak puasnya terhadap pengobatan medis. Salah satu pengobatan alternatif yang kini mulai dikenal orang adalah bekam. Meski terlihat menyeramkan, ternyata bekam memiliki manfaat yang amat banyak bagi tubuh seseorang.

Bekam yang merupakan pengobatan alternatif yang berasal dari Timur Tengah tersebut ternyata memiliki banyak manfaat. Menurut Anggoro Yudho, General Manager Bandung Ruqiyah Centre (BRC) salah satu tempat pengobatan yang juga melayani bekam y080409-M57-foto ficer dokumentasi-Miliki Banyak Manfaat Meski Terlihat Menyeramkan_resizeang terletak di Jalan Geger Kalong, Bandung tersebut, bekam memiliki tiga fungsi yaitu untuk detoksifikasi atau membuang racun-racun dalam darah, optimalisasi sistem imun, dan regenerasi sel.

“Bekam pada dasarnya membersihkan sel-sel darah kotor yang berada dalam tubuh manusia. Darah kotor tersebut adalah darah yang sudah tua, rusak, atau mati,”ujar Anggoro.

Pengobatan melalui cara bekam ini bisa dilakukan pada siapapun, baik yang berusia muda ataupun yang sudah tua. Bekam juga bisa dilakukan pada orang-orang yang memiliki penyakit atau bahkan orang yang sehat sekalipun.

“Semua orang bisa dibekam asalkan mereka kooperatif. Orang yang dibekam bisa dimulai dari usia dua tahun. Namun, ada orang tertentu yang tidak boleh dibekam yaitu mereka yang mengidap penyakit hemofilia,”ujar Anggoro.

Bekam yang merupakan pengobatan yang berasal dari zaman Nabi Muhammad tersebut ternyata mengondisikan tubuh untuk bekerja sendiri. Anggoro mengatakan bahwa bekam membuat tubuh seseorang bekerja secara mandiri yaitu bisa membunuh sendiri kuman penyakit yang ada dan menyerang tubuh.

“Dalam bekam, dilakukan perusakan yang disengaja. Melalui perusakan tersebut nantinya tubuh akan memproduksi antibodi yang dihasilkan untuk mengantisipasi kuman penyakit yang masuk ke dalam bagian tubuh yang rusak itu,”ujar Anggoro.

Sekilas pengobatan malalui bekam itu memang terlihat menyeramkan karena pada dasarnya pengobatan tersebut bekerja dengan cara membuat kerusakan yang disengaja pada jaringan atau dengan kata lain melukai kulit untuk mengeluarkan darah. Kerusakan itulah yang nantinya berfungsi untuk memisahkan lalu mengeluarkan darah kotor yang ada dalam tubuh manusia.

Anggoro mengatakan bahwa dengan bekam, darah kotor yang berada di dalam tubuh dan berpotensi menyumbat pembuluh darah tersebut bisa dikeluarkan sehingga yang tersisa hanyalah darah bersih di dalam tubuh.

Proses pengobatan itu memang cukup panjang. Pertama, orang yang bagian tubuhnya akan dibekam diolesi oleh minyak zaitun sebagai antibiotik alami yang juga menjaga kulit agar tetap elastis. Kemudian bagian tubuh tersebut diberi tekanan pada beberapa titik menggunakan sedotan mekanis atau sedotan vakum. Pemberian tekanan tersebut berguna untuk mengendapkan darah kotor yang berada dalam tubuh.

Setelah diberi tekanan, titik-titik yang akan dibekam tersebut dibiarkan sekitar 10 menit. Hal ini berguna untuk memberikan kesempatan pada darah bersih agar terpisah dengan darah kotor dan masuk kembali ke dalam jaringan. Darah yang bersih akan kembali ke jaringan, sementara darah yang kotor akan mengendap di bawah kulit.

Untuk mengeluarkan darah kotor tersebut, Anggoro mengatakan, titik-titik yang telah diberi tekanan tersebut dilukai secara sengaja menggunakan jarum, silet, atau pisau bedah agar darah kotor yang berada di bawah kulit keluar.

“Darah kotor tersebut biasanya berwarna merah kecoklatan dan berbentuk seperti gel,”ujar Anggoro.

Setelah dibekam, biasanya seseorang akan mengalami demam. Namun, Anggoro menambahkan, demam itu adalah hal yang umum dan wajar terjadi karena pada saat demam tersebut tubuh beraksi untuk menghasilkan sistem imun yang nantinya berguna sebagai antibodi.

Anggoro juga mengatakan, orang yang telah dibekam biasanya diberi herbal khusus sesuai dengan keluhan atau penyakit yang dideritanya. Pada orang yang sehat, bekam bisa dilakukan sebagai salah satu terapi untuk membersihkan tubuh dari darah kotor.

“Pada orang sehat, bekam bisa dilakukan satu bulan sekali agar efektif fungsinya,”ujar Anggoro. (DEWI RATNASARI)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: